Selasa, 17 April 2012

ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD)

Haii sobat blogger, ketemu lagi kita. Kalo beberapa jam lalu gua sempet bahas salah satu bagian dari Cloud Computing yaitu IaaS yang merupakan pembahasan dari mata kuliah Sistem Operasi, kali ini kita beralih ke mata kuliah selanjutnya yaitu mata kuliah Basis Data. Pada mata kuliah kita akan sering banget denger yang namanya ERD singkatan dari entiti relational diagram, ya betul kyk gambar di samping.Kalo kit artikan satu-satu ERD entity relatinship diagram ya artinya diagram hubungan entitas, emang hampir benar, untuk lebih jelasnya yuk kita simak bareng-bareng. 
ERD (entitiy relatioinship diagram), merupakan
diagram yang menggambarkan hubungan antar entitas. ER diagram biasanya terdiri dari 3 bentuk diagram dasar, yaitu:
- Persegi   : merepresentasikan entitas.
- Elips     : merepresentasikan attribute.
- Garis     : merepresentasikan hubungannya.
Tiga bentuk dasar tersebut yang kemudian dikembangkan menjadi bentuk lain untuk merepresentasikan sifat yang berbeda.entitas adalah objek yang ada dan dapat dibedakan dari objek lain dalam dunia nyata, biasanya sebuah entitas memiliki atribute yang berfungsi untuk membedakan dirinya dengan objek lain, dan seringkali mempunyai hubungan dengan ojek lain. Contohnya:
- manusia  : siswa, penonton, karyawan.
- tempat   : sekolah, stadium, perusahaan.
- kejadian : belajar, mendukung, bekerja.
Selain itu ada juga entity sets, yaitu kumpulan entitas yang mempunyai tipe yang sama, contohnya misalkan kumpulan entitas dosen_lama dan kumpulan entitas dosen_baru.Entity sets dari entitas yang sama tidak perlu diuraikan. itulah sedikit penjelasan tentang entitas, selanjutnya kita akan membahas yang namanya Attribute.
Berikut ini merupakan simbol-simbol yang ada pada ERD:
 
Attribute, erat kaitannya antara attribute dengan entitas, karena disinilah apa yang dimaksud dengan ERD mulai kita pahami. Attribute adalah properti deskriptif yang memilik semua anggota dari semua set entitas. Dikatakan sebuah entitas apabila sebuah entitas itu direpresetasikan atau dibedakan dengan entitas lain oleh beberapa atribut. Yang tidak kalah pentingnya adalah setiap atribut pada entitas yang memiliki kunci attribute (key attribute) yang bersifat unik, pasti pada bingun kenapa disebut attribute kunci, maksudnya attribute kunci itu merupakan sesuatu yang tidak mungkin sama antara yang satu dengan yang lainnya. Ada beberapa attribut yang perlu kita ketahui, yaitu:
- attribute sederahana
- attribute komposit
- attribute berharga tunggal
- attribute berharga banyak
- attribute derivatif

Akhirnya kita akan masuk dalam Relationship, definisi relation ship yaitu, hubungan yang terdiri antara satu atau lebih entity, sedangkan relationship set yaitu hubungan yang sejenis. Jadi yang dimakasud dengan Reationship disini adalah hubungan antara Attribute dengan Entitas atau yang biasa disebut dengan Derajat Cardinalitas (Cardinality Ratio), gabungan antara Entitas dengan Attribut yang kemudian dijadikan sebuag model diagram itulah yang akhirnya menjadi ERD, namun jika masih ecil termasuk ERD sederhana. Dalam relationship ada kurang lebih 3 hubungan yaitu yang biasa kita sebut dengan 1-1 (one to one), 1-M/M-1(one to many atau many to one), dan M-M(many to many).

Contoh dari 1-1:


Contoh dari 1-M:
Contoh dari M-M:
    

Demikian yang postingan saya hari ini, semua yang saya postingkan disin merupakan sesuai dengan yang diajarkan oleh dosen saya, biar sedikit agak lebih sopan kan, biasanya postingan penuh dengan kata "lo - gue" sekarang jadi saya, aduh baik banget kan yaa... okedeh sekian dulu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat buat temen" semua. Salam blogger Indonesia...


2 komentar:

  1. bro klo buat halaman kaya gini, susah diliatnya, background hitam2 begini.. saya sebagai pembaca ga nyaman

    BalasHapus