Selasa, 24 April 2012

Desain Database dengan OK...!!

Haduuuh, siang sobat blogger, ternyata tugas saya dikoreksi sama dosen dan katanya suruh ngulang, jadi saya harus ngulang ngetik dari awal, demi nilai nih sobat blogger. Okedeh gak pake lama, desain data base atau desain basis data, entah apalah itu. Yang jelas akan saya coba untuk share sama sobat blogger semua.

Dalam mendisain sebuah data base yang baik dan benar ada beberapa tahapan yang harus sobat blogger yang nantinya ingin menjadi seorang programmer yang ahli, yaitu:

Pertama,
sobat blogger harus menganalisis persyaratan, biasanya dalam tahap ini para desainer data base melakukan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, seperti siapa saja yang akan menggunakannya, apa saja yang akan ada didalamnya, akan berjalan pada sistem operasi apa saja, dan banyak lainnya yang memungkinkan sang programmer dapat dengan mudah merepresentasikan kedalam database-database yag akan di buat dan melanjutkan ke tahao sekanjutnya.

Kedua, mendesain atau merancang suatu database konseptual, maksudnya mengkonsep yaitu memodelkan dengan pemodelan-pemodelan sederhana yang mirip dengan apa yang akan dikerjakan atau dibuat dan dilakukan. Biasanya pemodelan ini dibuat dalam bentuk ERD atau Entity Relationshoip Diagram.

Ketiga, mendesain sebuah database logika, setelah tadi dibuat pemodelan dalam bentuk konseptual pada langkah kedua dengan menggunakan ERD, pada tahao ketiga ini desainer database perlu melakukan perubahan dari ERD tadi menjadi model data relational, maksudnya dari data-data yang ada pada ERD tadi desainer akan merubahnya kedalam bentuk-bentuk tabel, nah tabel itulah yang biasa disebut dengan skema logika.

Keempat, memperbaiki skema, sebetulnya mungkin bukan perbaikan skema ya, mungkin akan lebih  tepat yaitu mengidentifikasi skema logika yang telah dibuat tadi yang nantinya berkemunginan mengakibatkan terjadinya masalah yang kemudian diperbaiki untuk menghilangkan masalah dengan tanpa menghadirkan masalah baru. Minimalnya memperkecil masalah yang hadir.

Kelima, mendesain database fisik, pada tahap ini desainer database akan memilih struktur penyimpanan yang spesifik dan pengaksesan file-file database untuk mencapai kinerja yang tebaik dan tampilan terbaik pada aplikasi yang akan dibuat.

Keenam, mendesain aplikasi dan keamanan, implementasi skema data base logik dan fisik ke dalam pernyataam DDL dan SDL dari sistem manajemen database yang telah dipilih untuk digunakan dalam pembuatan file-file database yang masih kosong, salah satu bentuk kemanan yang sering digunakan adalah enkripsi dengan mempertimbangkan aspek-aspek dari luar.



Demikian lah urutan desain database yang baik dan benar menurut para ahli dalam bidangnya, semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua, do'ain juga supaya tugas ini bisa tembus sama dosen saya tanpa ada yang harus dikoreksi lagi, thank's udah mau mampir di blog saya, salam blogger Indonesia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar