Senin, 12 Maret 2012

Menyelesaikan Masalah Dalam Strategi Algoritma

Haiii.. Haiii.. sobat Blogger, ketemu lagi kita, udah mulai kuliah berarti udah mulai ada tugas, bener gak tuh?? yg setuju boleh angkat tangan. Kali ini gua pingin sharing sama kalian semua tentang mata kuliah gua yaitu SA (Strategi Algoritma). Tahukan kalian apa tujuan kita mempelajari SA itu?? dan bagaimana cara penyelesaian masalah dalam SA seharusnya... Yang mau tahu bolek deh langsung cekidot...

Dalam Strategi Algoritma, kita diminta untuk dapat menyelesaikan masalah memlalui pemilihan algoritma, oleh karena itu maka menurut saya cara penyelesaian masalah yang baik yaiitu dengan:  
-          Mendefinisikan masalah, maksudnya masalah yang akan diselesaikan haruslah jelas.
-          Membuat model atau bentuk matematis yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah, apakah harus dilakukan pengurutan terhdap data, apakah menggunakan perhitungan kombinasi dan lain sebagainya.
-          Merancang algoritma yang akan digunakan, entah dalam bentuk flowchart ataupoun dalam bentuk pseudocode, maksudnya adalah bagaimanakah rincian dalam pemrosesan dan apa yang akan dihasilkan.
-          Kemudian menuliskan algoritma dalam bentuk flowchart atau pseudocode itu menjadi sebuah program dalam bahasa pemrograman yang kita inginkan. Dan tentu saja mencoba mengeksekusi program tersebut melalui proses compiling dan memeriksa hasil compiling tersebut, jika terjadi kesalahan maka kemungkinan ada kesaahan dalam proses penulisan program dalam bentuk flowchart atau pseudocode tadi.
-          Kemudian menjalankan program yang berhasil dalam proses compiling tadi untuk di uji kebenrannya dengan menggunakan bermacam-macam data.
-          jika memang hasilnya salah, maka kesalahan mungkin terjadi pada saat konversi rancangan algoritma menjadi program, kesalahan dalam rancang algoritma, atau mungkin salah menentukan model algoritma yang digunakan untuk masalah tersebut, bahkan ada kemungkinan kita salah dari langkah pertama yaitu dalam pendefinisian masalah.
-          Dan yang jangan sampai dilupakan adalah membuat dokumentasi atau meliputi dokumentasi dalam program atau manual petunjuk pemakaian dan pemeliharaan program.

yaaakkk.. begitulah seharusnya kita menyelesaikan masalah pada Strategi
Algoritma, masih banyak lagi yang bakal dipelajari di mata kuliah ini, 
so jangan bosen-bosen baca yaa sobat blogger, stiap ilmu yang gua dapet
tiap hari nanti bakal gua share lagi.. yang penting tetap semangat dan
tetap... (baca gambar di bawah)

salam blogger indonesia... give positif to technology...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar