Senin, 12 Maret 2012

Komponen, Konsep, dan Analisa Algoritma

Pagi sobat blogger, untuk mengawali pagi ini gua mau share tentang komponen-komponen penyelesaian masalah dalam strategi algoritma dan sedikit konsep strategi algoritma dan analisa algoritma serta hubungan diantaranya. biar lebih cepet tahu, langsung aja deh ke artikelnya... 



      Komponen penyelesaian masalah dalam strategi algoritma:
-          Komponen masukan (input)
Komponen ini biasanya terdiri dari pemilihan variable, jenis variable, tipe variable, konstanta dan parameter (dalam fungsi).
-          Komponen keluaran (output)
Komponen ini merupakan tujuan dari perancangan algoritma dan program. Permasalahan yang diselesaikan dalam algoritma dan program harus ditampilkan dalam komponen keluaran. Karakteristik keluaran yang baik adalah benar (menjawab) permasalahan dan tampilan yang ramah (Frendly).
-          Komponen proses (processing)
Komponen ini merupakan bagian utama dan terpenting dalam merancang sebuah algoritma. Dalam bagian ini terdapat logika masalah, logika algoritma (sintaksis dan semantik), rumusan, metode (rekursi, perbandingan, penggabungan, pengurangan dan lain-lain.

Pengertian konsep strategi algoritma dan analisa algoritma serta hubungan diantaranya.
-          Konsep strategi algoritma adalah gambaran dari kumpulan metode atau tekhnik untuk memecahkan masalah guna mencapai tujuan yang ditentukan, yang dalam hal ini deskripsi metode atau tekhnik tersebut dinyatakan dalam suatu urutan langkah-langkah penyelesaian.
Analisis algoritma adalah salah satu tahapan dari perancangan algoritma, sedangkan perancangan algoritma adalah salah satu dari proses pemecahan masalah dengan computer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar